Monday, October 17, 2011

Car Free Day - Sidoarjo

Dinas Perhubungan Kabupaten Sidoarjo, kembali akan menghidupkan program jalur bebas mobil atau biasa dikenal dengan Car Free Day, yang pernah dilaksanakan pada Agustus tahun 2009 silam. Namun jika dua tahun silam ruas Jl Pahlawan dijadikan pilot project program ini, maka untuk pelaksanaan Car Free Day tahun 2011 akan dilakukan di Jl Tengku Umar, Jl Sultan Agung hingga alun-alun Sidoarjo.
Untuk teknis pelaksanaan "Car Free Day" nanti,  jalur kendaraan yang masuk ke Jalan Tengku Umar akan ditutup dan pengendara dari Jalan Pahlawan akan diteruskan ke timur Jalan Thamrin. Dengan pengalihan jalur ini, tidak akan menggangu kelancaran arus lalu lintas yang akan melewati lokasi tersebut.
Program ini bertujuan mengurangi dampak emisi gas buangan kendaraan bermotor sehingga bisa mengurangi tingkat polusi udara.

Kegiatan yang didukung Harian Surya ini, akan diisi dengan berbagai kegiatan, di antaranya senam, jalan sehat dan uji emisi kendaraan dinas. Dipilihnya Jalan Sultan Agung itu untuk mewujudkan arahan Bupati Sidoarjo Saiful Ilah yang berharap pemakaian jalan tidak menganggu kawasan sentra bisnis dan masyarakat pengguna jalan lainnya. Dengan program itu, warga bisa memanfaatkan jalan Sultan Agung sejak pukul 06.00 WIB hingga pukul 09.00 WIB untuk berbagai kegiatan, seperti olahraga.

Rencananya, car free day ini akan digelar rutin setiap minggu. Bahkan berbagai agenda kegiatan untuk mengisi hari bebas kendaraan itu sudah disiapkan untuk minggu yang akan datang, seperti mancal bareng alias nggowes.

Sumber : Surya, bike2work indonesia

No comments: