Monday, October 24, 2011

Bandeng asap tanpa duri

Bandeng yang dalam bahasa inggris disebut "milkfish" adalah ikan yang sangat populer di Asia tenggara dan khususnya di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Ikan bandeng disukai karena rasa yang gurih, daging yang tidak asin, dan tidak mudah hancur jika dimasak. Sedangkan kelemahannya adalah dagingnya yang banyak durinya dan juga terkadang berbau tanah. Bandeng memiliki kandungan protein tinggi dengan nilai kandungan protein sama seperti daging ayam, dan kalsium yang 3x lebih tinggi dari daging ayam, tetapi dengan kalori yang lebih sedikit dari daging ayam. Sehingga membuat daging ikan bandeng menjadi pilihan yang baik untuk diet, pemenuhan kalsium anak-anak, ibu hamil, wanita menopouse, dan juga membantu mempercepat penyembuhan.

Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur dikenal sebagai daerah bandeng. Pelbagai macam produk bandeng sudah ada seperti bandeng presto, bandeng asap, bandeng otak-otak, bandeng bakar aneka bumbu , bandeng ungkep. Bandeng asap adalah makanan khas Sidoarjo, Jawa Timur. Merupakan olahan dari ikan bandeng segar yang dimatangkan dengan cara pengasapan, menghasilkan bandeng asap dengan rasa yang khas dan lezat. Makanan olahan ini juga bisa tahan beberapa hari tanpa disimpan dalam lemari es, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh.


Produk baru "bandeng asap tanpa duri".
Bandeng asap tanpa duri ini modelnya seekor bandeng dibersikan durinya ketika masih mentah. Kemudian diasap atau oven dengan api dari arang kayu. Setelah bagian kulitnya kelihatan coklat kekuningan, pertanda sudah matang. Dalam kondisi demikian sudah siap disantap. Produk ini masih sangat terbatas, di toko-toko makanan khas Sidoarjo maupun pasar swalayan dan pasar tradisional belum ada. Produksinya memang masih sangat terbatas, dan sementara ini baru sebatas melayani permintaan teman-teman facebooker dan relasi dekat saja, kata Mochamad Toha, pengusaha bandeng asap tanpa duri. Toha  saat ini masih masuk kategori pengusaha mikro. Sejak diluncurkan, permintaan bandeng asap tanpa duri terus meningkat. Toha mempromosikan produknya lewat jejaring sosial "facebook" dan secara informal, kini permintaan datang dari Jakarta, Bandung dan Bali. Bandeng asap tanpa duri ini dapat tahan untuk  jangka waktu 10 hari dan dijamin tanpa bahan pengawet. Bandeng asap tanpa duri ini  lebih mak nyus,  bau anyir maupu bau tanah sama sekali tidak ada., tekstur dagingnya lebih kesat dan kenyal. Sebagai pelengkap sambel kecap campur petis akan  sangat pas, sensasi kuliner Khas Sidoarjo ini diasap Selama 6-7 Jam, dan SIAP Saji!

Sumber:
KOMPAS.com  
Facebook | Bandeng ASAP Tanpa Duri Cak TOHA
Bandeng ASAP Tanpa Duri "Cak TOHA" beralamat di Perum Gebang Raya Blok AL-5 Kelurahan Gebang, Sidoarjo-61215, Jawa Timur. Telp: 081332796388.

No comments: