Wednesday, November 09, 2011

Kue Lumpur khas Sidoarjo

Lumpur panas lapindo yang terletak di kawasan eksplorasi PT Lapindo Brantas Inc. itu berjarak sekitar 6 kilo meter dari pusat kota Sidoarjo.
Namun, di tengah kota itu juga terdapat  asap kue lumpur yang mengepul dari sebuah rumah sederhana, yang jaraknya sekitar 500 meter dari alun-alun kota. Sidoarjo tidak hanya terkenal dengan semburan lumpur panas, tapi juga jajanan yang tak kalah terkenalnya, yaitu kue lumpur bakar. Jajanan khas Sidoarjo ini menawarkan sensasi rasa yang pasti bikin ketagihan, kue lumpur bakar aneka rasa, antara lain: rasa biasa, kelapa muda, udang, daging, durian. kacang hijau, dan lainnya.
Adapun proses awal pembuatan kue lumpur bakar, yaitu mencampur bahan baku tepung terigu, gula, santan, telur, vanili, dan air menjadi satu adonan yang siap dicetak. Siapkan pula cetakan kue lumpur di atas pemanas. Sebelum mengisinya dengan adonan, beri minyak terlebih dahulu pada cetakan. Setelah cetakan terisi penuh, beri bara arang di atasnya yang berfungsi mengembangkan adonan.

Untuk lebih lengkapnya, ada baiknya bila  berkunjung ke kota Sidoarjo, coba cicipi jajanan kue lumpur bakar aneka rasa yang berada di Jalan Hangtuah No. 45 Sidoarjo, Jawa Timur.

berbagai sumber

No comments: