Monday, March 28, 2011

Polda Jatim Rilis Regional Traffic Management Center

Jika sebelumnya Mapolres Sidoarjo telah merilis  sistem informasi manajemen bernama Preventive Management Centre (PMC) untuk memantau wilayahnya, maka inovasi ini dikembangkan oleh Polda Jatim menjadi Regional Traffic Management Centre (RTMC) yang memiliki lingkup lebih luas (regional).
Anggota Ditlantas Polda Jatim memantau lalu-lintas melalui monitor yang tersambung dengan kamera pengintai atau Closed Circuit Television (CCTV) di sejumlah titik di Jatim
RTMC Polda Jatim merupakan sistem informasi manajemen lalu lintas yang didukung teknologi informasi canggih. RTMC Polda Jatim ini terintegrasi dengan 11.742.000 pemilik kendaraan seluruh Jawa Timur. RTMC Polda Jatim memiliki 115 kamera CCTV existing tersebar di Jawa Timur, yang bisa berputar 360 derajat dan zoom hingga 75 meter. Kamera CCTV ini juga terintegrasi dengan mobil patroli, helikopter Polda dan kendaraan taktis. RTMC ini juga memiliki teknologi Global Positioning System (GPS) yang terhubung dengan kendaraan patroli polisi. Selain itu informasi RTMC ini juga terhubung dengan Mabes Polri dan polres jajaran serta terkoneksi dengan beberapa kamera CCTV di Sulawesi dan Bali. Jadi RTMC Polda Jatim ini bisa memantau langsung kondisi lalu lintas, kriminalitas termasuk kendaraan yang terlibat dalam kecelakaan lalu lintas yang terjadi di wilayah Jawa Timur.

Belajar dari Suara Surabaya
Meskipun selama ini, hubungan  Polda Jatim dengan Suara Surabaya  sudah berjalan dengan baik,  Polda Jatim  akan menggunakan Suara Surabaya sebagai sarana belajar bagi para petugas RTMC Polda Jatim, bahkan para gate keeper  Suara Surabaya ibarat guru bagi petugas RTMC untuk belajar bagaimana menerima pesan, menginformasikan ke media hingga melayani publik.

Keberadaan RTMC Polda Jatim yang juga didukung Pemprov Jatim ini diharapkan dapat meningkatkan perbaikan internal kepolisian, karena adanya kamera di jalan membuat kontrol terhadap kinerja polisi semakin transparan.

antara dan berbagai sumber


RTMC POLDA JATIM
CALL CENTRE : 031-8292333
SMS CENTRE : 0821-40060000
EMAIL : rtmc_jatim@yahoo.co.id
TWITTER : @rtmc_jatim
FACEBOOK : ditlantas jatim & rtmc jatim
WEBSITE : www.lantas.jatim.polri.go.id
MILIS : rtmc_jatim@yahoogroups.com

No comments: