Wednesday, March 30, 2011

Pasar Malam "Kaget" Sruni - Gedangan

Hampir setiap  Selasa malam, didepan gerbang perumahan Surya Regency muncul aktifitas pasar malam (pasar kaget). Aktifitas ini dimulai ketika selesai shalat magrib, para pedagang mulai menata barang dagangannya dan pembeli mulai berdatangan semuanya tumpah ruah memenuhi ruas jalan di depan gerbang perumahan.

Pasar ini biasanya terdiri dari deretan lapak  dengan terpal warna-warni, pengaturan penerangan parkir, dan aktifitas lalu-lintas dikoordinir secara gotong royong oleh warga  desa Sruni sehingga tidak mengganggu  jalan akses perumahan Surya Regency. Dan tentunya setiap pedagang mesti memberikan sedikit sumbangan kepada warga desa Sruni sebagai  bentuk retrribusi atas sewa tempat dan  listrik yang mereka pakai.
Deretan lapak di sepanjang jalan

Aneka kebutuhan tersedia dipasar ini, antara lain: sayur, baju, barang pecah belah, asesoris, sembako, tahu goreng, kupang lontong, ice cream bahkan ikan asin semuanya tumpah ruah berbaris memanjang mengikuti jalur lahan yang tersedia. Dipasar ini akan banyak kita temukan pengalaman baru yang mungkin tidak biasa kita temukan di sebuah pasar biasa atau supermarket pada umumnya. Pemandangan khas membeli dengan posisi jongkok, keceriaan anak-anak bermain odong-odong, helikopter dan kereta api mainan  yang digerakkan dengan genset, tawar menawar khas wanita dengan penjual baju, atau sekedar mencicipi aneka gorengan dan lainnya. Harga yang ditawarkan para pedagangpun cukup murah.
Penjual tahu petis

Menjelang pukul 9 malam para pengunjung mulai berangsur meninggalkan pasar tersebut dan menyisakan para pedagang yang terlihat sibuk mengemasi lapak dan menghitung laba.

Pasar malam keliling, atau  pasar kaget   itulah sebutan bagi para komunitas pencari nafkah dimalam hari ini, komunitas pedagang  ini biasanya keliling dari kampung ke kampung. Semoga pasar malam keliling ini mendapat perhatian dari pemkab Sidoarjo sebab jika diatur secara benar tentunya akan  menjadi sebuah pilihan wisata yang cukup menarik dan yang pasti murah meriah. Selain sisi fositifnya ikut membantu perekonomian masyarakat dan memberikan akses lebih mudah dalam hal transaksi jual-beli di wilayah tersebut.

berbagai sumber

No comments: