Friday, May 22, 2009

Citilink berkantor pusat di Juanda

Citilink, penerbangan murah milik Garuda Indonesia kembali beroperasi. Maskapai ini siap bersaing dengan perusahaan lain, dengan menawarkan harga murah, dan pelayanan prima. Pada awal pengoperasiannya kembali tanggal 1 September 2008 yang lalu, Citilink telah memiliki kantor Pusat di Citilink - Juanda Business Centre - Sidoarjo.

Penggunaan kantor pusat Citilink ini juga berkaitan dengan "pemindahan home base" yang dulunya di Jakarta ke Sidoarjo, setelah Citilink menjalani penataan manajemen. Penataan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyiapkan Citilink sebagai true Low Cost Carrier (LCC) - maskapai berbasis biaya operasi rendah yang sebenarnya - yang mampu menghadapi ketatnya persaingan bisnis penerbangan.

Pembenahan Citilink tersebut mencakup berbagai aspek perusahaan, baik manajemen maupun operasional. Bahkan Citilink saat ini sedang dalam proses menjadi "entitas" bisnis sendiri sebagai anak perusahaan Garuda Indonesia. Citilink nantinya akan mengelola sumber daya (resources) secara mandiri, baik pesawat, SDM, pemasaran produk, termasuk aspek keuangan, sehingga keberadaannya semakin fokus dalam menggeluti bisnis penerbangan.

Dalam konteks bisnis Garuda Indonesia , Citilink tetap konsisten menggarap pasar middle-down, sedangkan Garuda Indonesia juga tetap menggarap pasar middle-up. Dalam kegiatan usahanya keduanya berkonsentrasi dalam segmen pasar yang berbeda. Dan sejak awal berdirinya pada tahun 2001, Citilink memang dirintis Garuda Indonesia untuk melaksanakan penggarapan pasar middle-down. Kantor Pusat Citilink di Juanda Business Centre, Aloha, Waru, Sidoarjo, Jawa Timur akan melayani rute penerbangan, antara lain:
Surabaya-Jakarta (pp), Surabaya-Batam (pp), Surabaya-Balikpapan (pp),
Surabaya-Banjarmasin (pp), dan Surabaya-Makassar (pp)".

Dan beberapa rute baru yang akan dilayani
Citilink di antara lain:
Surabaya-Semarang, Surabaya-Bandung, Surabaya-Denpasar, Surabaya-Mataram, Batam-Padang, Batam-Palembang, Jakarta-Palembang, Jakarta-Jambi, Jakarta-Bengkulu, Makassar-Gorontalo, Makassar-Manado dan Makassar-Palu.

Secara operasional, Citilink masih menjadi unit usaha Garuda kendati telah memperoleh status perseroan terbatas (PT) atau berbadan hukum tersendiri.

Sumber:
Travel News 2009

No comments: