Wednesday, May 20, 2009

Pembangunan Pasar induk dimulai

PT Jatim Grha Utama (JGU) menyatakan kesiapannya untuk menggelar lelang tender pembangunan Pasar Induk Agribis yang berlokasi di Jemundo Sidoarjo. Untuk tahap I, berupa pengadaan 900 stand senilai Rp90 miliar. Rencananya, proses tender akan dilakukan pada Juni 2009, pasca penerbitan peraturan gubernur Jatim dalam penyerahan lahan PIA (pasar induk agrobis) seluas 50 hektare (Ha).

Pembangunan fisik PIA tahap I akan segera dimulai, setelah proses tender pasar induk tersebut selesai. Proses pembangunan 4.000 stand dengan total investasi Rp838 mliar itu, akan dilakukan dilakukan dalam empat tahap. Proyek yang diharapkan selesai pada 2011, merupakan proyek pasar induk yang terbesar dan terintegrasi di Indonesia. Nantinya, PIA akan lebih besar dan lebih lengkap dari pasar induk Tangerang, pasar induk Cipinang, maupun pasar induk Kramat Jati. Dan di Asia Tengara, PIA akan menjadi terbesar kedua setelah pasar induk di negara Thailand.

Pada pembangunan tahap I, akan dibangun los grosir, sub los grosir, kios tanaman hias, dan kios bunga. Pembangunan tahap pertama itu diharapkan bisa menyakinkan investor yang akan menanamkan modalnya pada proyek agrobis itu.

Kabar Bisnis

No comments: