Tuesday, February 24, 2009

Blackberry, apa itu?

Salah satu gadget yang sedang naik daun saat ini adalah Blackberry, di kota-kota besar di Indonesia, pengguna gadget ini mungkin bisa dianggap orang paling gaul sedunia, mungkin juga karena artis-artis sinetron dan Barack Obama juga menggunakan gadget ini. Marketing Blackberry pun sepertinya pandai memanfaatkan pasar Indonesia yang cenderung konsumtif terhadap barang-barang berharga tinggi, karena kebanyakan dari mereka membeli sesuatu bukan karena suatu kebutuhan, melainkan karena gengsi semata. Blackberry pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997 oleh perusahaan Kanada, Research In Motion (RIM) dan pertama kali masuk Indonesia pada pertengahan Desember 2004 oleh operator Indosat. Indosat menyediakan layanan Blackberry Internet Service (BIS) dan Blackberry Enterprise Server (BES). Pasar Blackberry kemudian diramaikan oleh dua operator seluler besar lainnya di tanah air yakni Excelcom dan Telkomsel.
Excelcom menyediakan dua pilihan layanan yaitu Blackberry Internet Service dan Blackberry Enterprise Server+ (BES+). BES+ adalah layanan gabungan dari BES dan BIS, ditujukan bagi pelanggan korporasi sehingga pelanggan dapat menerima dan mengirim e-mail kantor yang berbasis Microsoft Exchange, Novel Wise, Lotus Domino dan 10 account e-mail berbasis POP3/IMAP melalui telepon genggam.
Sementara, operator Telkomsel hanya menyediakan Blackberry sebagai bagian dari layanan korporasi dengan Blackberry Enterprise Server.

Produk yang menjadi andalan utama dan membuat Blackberry digemari di pasar adalah kemampuannya push e-mail, dengan push e-mail semua e-mail masuk dapat diteruskan langsung ke ponsel. E-mail juga sudah mengalami proses kompresi dan scan di server Blackberry sehinggalebih cepat dan aman dari virus. Lampiran file (attachment file) berupa dokumen Microsoft office dan PDF dapat dibuka dengan mudah.

Pengguna Blackberry tidak perlu mengakses internet terlebih dulu dan membuka satu persatu e-mail yang masuk, atau pemeriksaan e-mail baru. Hal ini dimungkinkan karena pengguna akan terhubung secara terus-menerus dengan dunia maya melalui jaringan telepon seluler yang tersedia. Alat penyimpanan juga memungkinkan para pengguna untuk mengakses data yang sampai ketika berada di luar layanan jangkauan nirkabel. Begitu pengguna terhubung lagi, Blackberry Enterprise Server akan menyampaikan data terbaru yang masuk.

Kelebihan lainnya adalah Blackberry dapat menampung e-mail hingga puluhan ribu tanpa ada resiko hang, asalkan masih ada memory tersisa. Blackberry juga bisa digunakan untuk chatting. Mirip dengan Yahoo Messenger, namun dilakukan melalui jaringan Blackberry dengan memasukan nomor identitas. Semua layanan Blackberry ini dikenal sangat aman baik e-mail, chatting, maupun browsing. untuk browsing internet data-data dari website sudah dikompresi sehingga lebih cepat dibuka.

Fasilitas lain yang menjadi andalan Blackberry adalah pesan instan. Yahoo Messenger, Google Talk dan Skype kini telah menjadi rekanan dengan Blackberry. Teknologi terkini memang memungkinkan kita untuk mengobrol (chatting) di internet melalui telepon genggam dan Personal Digital Assistant (PDA). Tetapi yang berbeda pada Blackberry adalah proses instalasi lengkap yang bisa dilakukan nya melalui jaringan nirkabel.

Pada awalnya, layanan Blackberry hanya bisa diakses melalui smartphone Blackberry saja. Tetapi seiring dengan perkembangan masa, ketiga operator seluler di Indonesia (Indosat, Exelcom dan Telkomsel) telah menyediakan fasilitas Blackberry Connect yang memungkinkan Blackberry Internet Solution diakses melalui smartphone jenis lain.

berbagai sumber

No comments: