Thursday, December 04, 2008

Rumah dalam kawasan / Cluster jadi kebutuhan

Kebutuhan rumah yang aman dan nyaman serta terjaga keindahan lingkungannya, menjadikan rumah dalam kawasan (cluster) menjadi trend pasar properti yang berkelanjutan. Karena dengan konsep rumah cluster dengan satu pintu masuk dan keluar (one gate system) penghuni akan mendapatkan kenyamanan serta jaminan lingkungan yang tertata dan bersih serta terbebas dari gangguan. Bahkan, keamanan dan kenyamanan dalam rumah cluster sangat dibutuhkan oleh keluarga yang memiliki anggota keluarga yang masih kecil. Dasar seperti itulah yang membuat kebutuhan rumah cluster semakin diminati dan dibutuhkan masyarakat.

Saat ini bukan hanya rumah hunian kelas menengah ke atas saja yang menerapkan konsep rumah cluster. Rumah kelas bawah seperti rumah sederhana (RS) dan rumah sederhana sehat (RSH) semuanya telah mengikuti konsep rumah cluster dengan menggunakan satu pintu.

Selain itu, konsep rumah cluster juga sebagai salah satu strategi pengembang untuk menyiasati keterbatasan dana investasi pembangunan perumahan. Seperti halnya keterbatasan bahan baku, ketersediaan tanah, dan melihat kondisi peluang pasar perumahan. Pada umumnya, pengembang akan membangun rumah dalam suatu cluster, setelah rumah dalam cluster yang dibangunnya tersebut terjual habis barulah pengembang melanjutkan mengembangkan rumah di cluster berikutnya. Dengan konsep pengembangan rumah secara cluster tersebut menjadi upaya pengembang untuk membangun perumahan secara bertahap, dan hal itu sudah lazim dilakukan oleh pengembang perumahan sekarang ini untuk memenuhi permintaan pasar.

Pengembangan rumah cluster juga menjadi andalan dari Jayaland group selaku pengembang perumahan Surya Regency - Sidoarjo. Di perumahan Surya Regency saat ini masih terbagi dalam 4 blok yang masing-masing blok memiliki ciri type rumah tertentu. Dengan konsep tersebut, pengembang bisa menawarkan produk rumah yang disukai pembeli. Apalagi bila, di masing-masing blok tersebut dicirikan dengan type atau disain tertentu.

No comments: