Tuesday, February 10, 2009

Mengontrol lampu rumah

Seiring dengan perkembangan jaman, muncul istilah rumah pintar. Dimana kita dapat mengkontrol seluruh alat-alat elektronik yang ada dirumah hanya dengan satu pengontrol pusat, salah satu alat elektronik sederhana yang dapat kita kontrol adalah lampu-lampu di rumah kita. Ada beberapa keuntungan dengan mengontrol lampu penerangan dirumah kita, antara lain adalah:
1. Lebih Hemat Listrik

2. Aman, karena tidak mengesankan rumah sedang kosong apabila sedang ditinggal keluar
3. Hanya titik-titik lampu tertentu yang menyala

Cara yang dapat digunakan

A. Memasang switch sensor cahaya

Sensor cahaya dapat dipasang di fiting masing-masing titik lampu. Kelebihan yang dimiliki sistem ini adalah biaya cukup murah.
Kekurangan menggunakan sistem ini adalah lampu sewaktu-waktu dapat menyala sendiri apabila intensitas cahaya berkurang (misal=mendung) dan daya yang dimiliki alat ini hanya terbatas, biasaya tidak lebih dari 3 Ampere.











B. Memasang timer induk

Alternatif lain adalah menggunakan timer time switch, anda bisa membeli timer merek theben, hager, siemens atau sejenisnya yang kemudian di instalasikan didalam kotak MCB rumah.
Kelebihan sistem timer induk adalah, memiliki kecakupan ampere yang besar (sampai 16 Ampere) sehingga mampu menyalakan lampu seluruh rumah secara serentak, waktu on dan off dapat diatur sekehendak hati (tidak tergantung intensitas cahaya), lebih rapi karena terinstal menyatu dengan MCB rumah
Kekurangan sistem ini, adalah biaya yang dikeluarkan cukup tinggi, membutuhkan instalasi tersendiri untuk lampu-lampu seluruh rumah yang terpisah dari instalasi beban lain seperti lemari es, pompa air, TV, Air Conditioner dan lainnya.
Dengan pengatur lampu otomatis, lampu bisa dinyalakan dan dimatikan secara otomatis sesuai waktu yang ditentukan, ketika Anda ingin meninggalkan rumah sebelum bekerja, jalan-jalan ataupun berlibur.
Menggunakan sistem ini, rumah tidak hanya menjadi lebih nyaman dan aman, pemakaian listrik juga akan lebih efesien. (ton)

No comments: