Friday, February 13, 2009

KELAS API

Sebelum membeli Alat Pemadam Api Ringan (APAR) adabaiknya kita mengenal klasifikasi jenis-jenis penyebab kebakaran. Di Amerika serikat melalui badan yang dinamakan National Fire Protection Association (NFPA) menetapkan 5 katagori jenis penyebab kebakaran, yaitu kelas A, B, C, D dan K.

Kelas A :
Adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda padat, misalnya kertas, kayu, plastik, karet, busa dan lain-lainnya. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: air, pasir, karung goni yang dibasahi, dan Alat Pemadam berbahan tepung kimia kering (dry powder).

Kelas B :
Adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda mudah terbakar berupa cairan, misalnya bensin, solar, minyak tanah, spirtus, alkohol dan lain-lainnya.Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: pasir dan Alat Pemadam tepung kimia kering (dry powder). Dilarang memadamkan menggunakan air untuk jenis ini karena berat jenis air lebih berat dari pada berat jenis bahan di atas sehingga bila kita menggunakan air maka kebakaran akan melebar kemana-mana.

Kelas C
juga termasuk didalamnya kelas E:
Adalah kebakaran yang disebabkan oleh gas yang mudah terbakar. Media pemadaman kebakaran untuk kelas ini berupa: Alat Pemadam tepung kimia kering (dry powder). Matikan terlebih dahulu sumber gas dengan menutup kran gas apabila memungkinkan.
Kelas E :
Adalah kebakaran yang disebabkan oleh adanya hubungan arus pendek pada peralatan elektronik. Alat pemadam yang bisa digunakan untuk memadamkan kebakaran jenis ini dapat juga menggunakan tepung kimia kering (dry powder), akan tetapi memiliki resiko kerusakan peralatan elektronik, karena dry powder mempunyai sifat lengket. Lebih cocok menggunakan pemadam api berbahan clean agent

Kelas D
:
Adalah kebakaran yang disebabkan oleh benda-benda berbahan metal, metal cair dan kimia yang terbakar. Alat pemadam api jenis ini biasanya jauh lebih mahal dibanding jenis pemadam api lainnya. Jenis ini dipersiapkan untuk menghadapi kondisi-kondisi tertentu dan memerlukan latihan secara khusus.

Class K
:
Adalah kebakaran yang disebabkan oleh bahan akibat konsentrasi lemak yang tinggi. Kebakaran jenis ini banyak terjadi di dapur. Api yang timbul didapur dapat dikategorikan pada api Class B.

Di setiap tabung pemadam api dicantumkan kemampuan alat pemadam api tersebut untuk memadamkan api pada kelas tertentu. (A, B, C, D atau K). Setelah mengetahui klasifikasi api , kita dapat menentukan dengan tepat jenis pemadam api yang sesuai dengan kebutuhan. (dari berbagai sumber)

2 comments:

wawenk said...

Pada gambar dan keterangan terdapat perbedaan pada Class E, mohon penjelasannya.
Trim's

Surya Regency BLOK B said...

terimakasih koreksinya.. dibeberapa negara memang dibedakan antara kelas C dan E tapi oleh NFPA dijadikan satu sebagai kelas C